Gunung Api Purba Nglanggeran Memiliki Banyak Alasan untuk Dikunjungi

Posted on

Gunung api purba Nglanggeran Jogja, menjadi salah satu penyebab mengapa Daerah Istimewa Yogyakarta dijuluki sebagai Kota pariwisata dan Bintang budaya. Sehingga, tidak heran apabila banyak orang menganggap bahwa kota yang satu ini itu menyimpan segudang keindahan alam memukau. Bermula dari hamparan pasir pantai, sungai-sungai asri, hutan pinus rimbun, sampai pada gunung-gunung kecil dengan keelokan yang sudah diakui oleh mancanegara.

Perlu Anda ketahui, tempat wisata ini sudah dinobatkan sebagai desa wisata terbaik ASEAN, dengan dukungan konsep CBT atau Community Based tourism.

Gunung Api Purba Nglanggeran Memiliki Banyak Alasan untuk Dikunjungi
fotoku-ceritaku.blogspot.com

Beberapa Alasan Kenapa Harus Gunung Api Purba Nglanggeran

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui betapa eksotisnya saat berkunjung ke tempat wisata yang ada di Jogja ini. Beberapa orang suka marah tidak mengetahui Kenapa tempat wisata ini disebut sebagai gunung api purba. Perlu Anda ketahui, karena dulunya Gunung ini memang pernah aktif sama seperti halnya gunung-gunung api yang lain. Akan tetapi, sekitaran 60-70 tahunan yang lalu, sampai sekarang ini gunung tersebut sudah tidak aktif lagi.

Walaupun begitu, yang perlu Anda ingat itu gunung ini menyimpan keindahan yang tidak kalah dengan gunung-gunung lainnya yang juga kondang di Indonesia. Sehingga, tidak heran apabila banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi destinasi yang satu ini. Berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan mereka berkunjung ke gunung api purba Nglanggeran.

Tidak Jauh dari Kota

Untuk alasan yang pertama, Kenapa Anda harus berkunjung ke tempat wisata yang ada di Yogyakarta ini adalah, letaknya tidak jauh dari pusat Kota. Hal ini Tentunya juga menjadi poin utama. Lebih tepatnya gunung ini berjarak sekitar 40 menit dari kota.

Bahkan bisa kita tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sekalipun. Sedangkan untuk jalan sendiri, tidak perlu Anda risaukan. Karena sepanjang jalan sudah diaspal dengan baik.

Tak Terlalu Tinggi dan Aman Bagi Pemula

Pengen naik gunung, tapi males kalau nantinya itu capek atau tulangnya gimana gitu? Jangan takut karena datang ke gunung api purba Nglanggeran menjadi tempat aman untuk para pemula yang ingin mendaki. Terlebih lagi gunungnya juga tidak terlalu tinggi. Bisa dikatakan juga bahwa, gunung api purba ini menjadi pilihan yang tepat.

Tingginya itu sekitar 700 m dari atas permukaan laut. Pemula juga tidak perlu mengeluarkan effort yang berlebihan. Apabila gunung-gunung yang ada di Indonesia membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai di puncak. Untuk kita sampai di puncak gunung api purba ini hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Pemandangannya juga tidak bisa kita remehkan ketika sudah sampai di Puncak.

Disamping gunung nya tidak terlalu tinggi, yang menjadi alasan kenapa harus berwisata ke gunung api purba Nglanggeran adalah jalurnya juga relatif gampang dan bersahabat. Jangan ragu pula, jika Anda ingin mengajak anak kecil guna menyusuri jalur gunung yang satu ini. Tetapi, ketika musim hujan jangan lupa juga untuk berhati-hati. Alasannya jalannya itu sangat licin. Biasanya juga pendaki disarankan petugas untuk menggunakan alat bantu seperti halnya trekking pole.

Banyak Spot untuk Foto

Tidak cukup itu saja yang menjadi alasan kenapa, Anda harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke gunung api purba Nglanggeran. Tidak boleh ketinggalan adalah, di sana terdapat banyak spot foto yang menarik. Kita tahu bahwa sekarang ini teknologi digital sudah semakin berkembang.

Dengan adanya bantuan teknologi digital itu juga membantu kita untuk mengabadikan momen ketika berkunjung tempat atau berwisata. Banyak keindahan yang akan kita temukan saat berkunjung ke gunung satu ini. Hijaunya pepohonan, himpitan bebatuan, tebing-tebing, serta jalan setapak juga menjadi spot foto yang sangat unik dan menarik.

Pada intinya, semua yang termasuk dalam destinasi wisata gunung api purba Nglanggeran ini, menjadi spot menarik untuk bersua foto gaya apapun dan bagaimanapun. Sehingga para pengunjung dijamin tidak akan menyesal meskipun baru pertama kali berkunjung. Apalagi di gunung ini juga terdapat embung yang sangat indah.