Mitos Seram Gunung Api Purba Nglanggeran yang Bikin Merinding

Posted on

Mitos seram Gunung Api Purba Nglanggeran bisa Anda temukan dari beberapa cerita masyarakat maupun sumber lainnya. Gunung Api Purba yang ada di Gunungkidul bukan hanya menyimpan banyak keindahan alam saja. Tetapi ada juga banyak mitos serta cerita seram yang bisa membuat bulu kuduk jadi merinding. Ada apa saja? Jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, maka simak ulasan di bawah ini.

Mitos Seram Gunung Api Purba Nglanggeran
hipwee.com

Inilah Mitos Seram Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan perbukitan yang menjadi destinasi terkenal di Kabupaten Gunungkidul. Desa wisata ini relatif baru jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang ada di Jogja.

Dulunya saat ribuan tahun lalu, gunung ini merupakan gunung berapi yang aktif. Saat ini ditinggal oleh bukit berbatu yang terlihat perkasa, kokoh, serta tidak bisa diragukan lagi akan keindahannya.

Gunung Api Purba ini letaknya di Patuk, Gunungkidul dengan ketinggian kurang lebih sekitar 700 mdpl. Untuk Anda yang masih pemula, bisa mencoba latihan mendaki di gunung ini.

Selain itu, juga karena jarak tempuhnya hanya 2 jam serta track yang cukup gampang. Tapi dibalik keindahan serta keseruan di Gunung Api Purba ini ada mitos yang membuat siapa saja takut. Untuk itu, berikut ini beberapa mitos seram Gunung Api Purba Nglanggeran.

  • Tempat Hukuman

Dulunya gunung ini adalah tempat untuk menghukum warga setempat. Sesuai dengan arti namanya bahwa Nglanggeran artinya nglanggar ataupun melanggar. Nah, nama tersebut diambil sebab warga yang ada di sekitar sana percaya jika ratusan tahun lalu warga pernah merusak sebuah wayang milik seorang dalang. Sebab murka, warga di sana dikutuk menjadi sosok wayang serta dibuang ke Gunung Api Purba.

  • Mbok Jamu Gendong

Tidak kalah seram dari yang sebelumnya, mitos mbok jamu gendong merupakan sosok perempuan yang menjajakan jamu kepada para pendaki di Gunung Purba. Menurut mitosnya, sosok mbok jamu ini akan menampakkan diri sekitar jam 2 pagi.

Selain itu, jika pendaki melihat sosok mbok jamu itu dari dekat, maka sosoknya akan berubah jadi wanita muda yang cantik dengan memikul jamu di punggung. Tetapi jika dilihat dari jauh, maka sosok tersebut akan berubah jadi wanita tua yang menyeramkan.

  • Mata Air Comberan

Mata air ini dikabarkan tidak pernah surut walaupun musim kemarau sekalipun. Warga sekitar sana percaya bahwa mata air comberan tersebut tidak pernah surut sebab berpusat pada Tlogowungu.

Nah, selain tidak pernah surut, mata air tersebut ditemukan di tempat maupun spot yang dulunya dijadikan tempat bertapa atau pemujaan.

Hingga saat ini masih ada beberapa pengunjung maupun masyarakat sekitar yang menggunakan sebagai tempat spot foto. Tetapi bagi para wanita yang sedang berhalangan tidak diperbolehkan untuk memasuki area itu.

  • Tujuh Kepala Keluarga

Berada di Tlogo Mardidho, Dusun Nglanggeran area ini hanya diisi oleh tujuh kepala keluarga saja. Mitos seram Gunung Api Purba Nglanggeran berikutnya yakni jika pemukiman itu dihuni lebih dari tujuh anggota keluarga, maka warga itu akan meninggal maupun terserang wabah penyakit yang bisa berakhir sampai kematian. Maka dari itu, warga Mardidho yang telah menikah wajib untuk meninggalkan dusun itu.

  • Mata Air Gaib

Cerita yang beredar, mata air gaib ini berada di puncak Gunung Nglanggeran atau disebut dengan Telaga Wungu. Konon Telaga ini adalah tempat mandi bidadari dengan segala peralatan yang dilapisi oleh emas.

Nah, di samping telaga itu masyarakat percaya bahwa ada Telaga Pengguyangan yang dipakai untuk mengguyang kuda bersayap milik bidadari. Hal tersebut diperkuat dengan adanya sebuah jejak kuda di bebatuan yang ada di sana. Mitos seram Gunung Api Purba Nglanggeran bisa Anda simak di atas, bikin bulu kuduk berdiri dan takut.