Mendaki Gunung Api Nglanggeran, Agar Seru dan Nyaman Ikuti Tipsnya

Posted on

Mendaki Gunung Api Nglanggeran memang harus menyiapkan mental dan kondisi fisik yang sehat. Gunung dengan ketinggian 700 meter ini, menawarkan sensasi keindahan bagi para pendaki. Sensasi berbeda akan dirasakan para pendaki jika sudah melakukannya. Maka tak heran, banyak wisatawan rela datang hanya untuk menelusuri gunung cantik ini.

Mendaki Gunung Api Nglanggeran
pixabay.com

Mendaki Gunung Api Nglanggeran Ikuti Tips dan Caranya Agar Aman

Muncak Gunung Api Nglanggeran memang menjadi salah satu aktivitas paling banyak dilakukan. Mendaki gunung bukan hanya dilakukan oleh pecinta alam saja, melainkan kegiatan favorit di kalangan anak muda jaman sekarang. Gunung Api Purba ini terletak di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif sekitar 609 juta tahun lalu.

Selain itu, bebatuan besar menjulang tinggi menjadi daya tarik bagi para pendaki untuk melakukan aktivitas menantang. Batu besar ini sebagai jalur pendakian dan tempat untuk pertapaan para warga sekitar. Ingin mendaki makin lancar dan aman di Gunung Api Purba Nglanggeran, ikuti cara dan langkahnya di sini.

Siapkan Mental dan Fisik

Hal pertama ketika mendaki gunung yaitu menyiapkan mental dan fisik. Mental dan fisik menjadi hal utama harus diperhatikan ketika akan mendaki gunung baik di Gunung Api Purba Nglanggeran atau di Gunung mana saja. Persiapan kedua hal ini agar nantinya tidak takut dalam menghadapi hal terjadi ketika mendaki gunung berjalan.

Memprediksi Cuaca

Wajib sekali bagi para pendaki untuk memperkirakan cuaca. Sehingga pendaki bisa memprediksi dan mengatur rencana jadwal untuk mendaki. Secara umum dan idealnya, mendaki itu dilakukan ketika musim kemarau. Karena kondisi kering bisa mengurangi risiko bahaya.

Hindari mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran pada saat musim hujan, hal ini karena ada banyak risiko bisa terjadi sewaktu-waktu. Misalnya tanah longsor, hujan deras, badai, dan lainnya.

Siapkan Peralatan dan Perlengkapan

Persiapan semua peralatan dan perlengkapan ketika ingin menjadi gunung. Mulai dari kompor portable, peralatan masak, tenda, obat-obatan pribadi, dan masih banyak lagi. Selain itu, bawalah matras, senter, pakaian ganti, dan sleeping bag, ya.

Niat

Niat menjadi dasar untuk melakukan pendakian gunung. Jika didasari dengan niat, maka aktivitas akan lancar. Namun jika sebaliknya, tidak didasari dengan niat, jangan kira akan lancar. Adanya niat dalam hati, maka sepanjang perjalanan tidak akan mudah lelah atau mengeluh.

Mendaki Bersama Teman

Mendaki gunung jika dilakukan bersama-sama maka akan terasa lebih seru dan penuh kebersamaan. Selain itu, mendaki dengan teman banyak, akan mengantisipasi risiko hal buruk. Misalnya ketika sakit di perjalanan, ada teman untuk membantunya.

Jika sebaiknya dilakukan dengan sendirian, maka akan membuat aktivitas pendakian menjadi rumit dan tidak seru. Jadi sebaiknya mendaki di Gunung Api Purba Nglanggeran ini bersama rombongan.

Izin dari Keluarga

Sebelum mendaki gunung, jangan lupa untuk izin dari keluarga terutama orang tua. Jika tidak diizinkan sebaiknya jangan lakukan pendakian. Karena izin orang tua adalah doa untuk Anda sendiri. Selain itu, jika sudah mendaki gunung, sempatkan waktu untuk memberikan kabar pada orang di rumah agar tidak khawatir atau takut.

Gunung Api Purba Nglanggeran memang menjadi pilihan dan incaran para pendaki Gunung bagi pemula atau profesional. Maka tak heran, jika ada banyak orang melakukan pendakian di Gunung 700 meter ini. Mendaki Gunung Api Nglanggeran agar lebih aman dan nyaman, pastikan terapkan cara dan tips di atas, ya.