Beberapa Wisata Desa Nglanggeran yang Bisa Anda Kunjungi

Posted on

Wisata Desa Nglanggeran merupakan salah satu destinasi liburan yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Perlu Anda ketahui bahwa desa Nglanggeran tersebut pada tahun 2018 termasuk salah satu wilayah yang lolos dalam top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia untuk versi Global Green Destinations Days atau disingkat menjadi GGDD.

Jika Anda ingin berlibur kesana, Anda akan menjumpai berbagai wisata. Antara lainnya wisata alam, budaya, serta edukasi. Dimulai dari wisata Gunung Api Purba hingga Kampung Pitu. Untuk itu, berikut ini beberapa wisata yang berada di Desa Nglanggeran yang bisa menjadi pilihan wisata Anda.

Beberapa Wisata Desa Nglanggeran yang Bisa Anda Kunjungi
bisniswisata.co.id

Beberapa Wisata Desa Nglanggeran

Berikut adalah sejumlah spot yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke desa Nglanggeran.

Gunung Api Purba

Menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki daya tarik pada desa Nglanggeran. Pasalnya ketinggian dari gunung tersebut 700 mdpl.

Membuat Anda ketika berkunjung bisa menikmati matahari terbit ketika pagi hari serta tenggelam di sore hari. Untuk menempuh puncaknya, Anda memerlukan waktu kurang lebihnya 50 menit. Di sana, Anda juga bisa melakukan kemah. Camping ground tersebut berjarak 50 meter dari puncak gunung.

Embung Nglanggeran

Wisata Desa Nglanggeran selanjutnya yakni Embung Nglanggeran.Embung Nglanggeran tersebut merupakan tampungan air yang mempunyai luas kurang lebihnya 0,34 hektar. Biasanya embung tersebut akan dipakai untuk pengairan kebun buah durian serta kelengkeng milik warga sekitar.

Pasalnya Embung Nglanggeran menjadi objek wisata yang paling terkenal dalam kawasan tersebut. Dari Gunung Api Purba, obyek wisata tersebut memiliki jarak 1,5 km. Memiliki sisi akses serta jangkauannya yang mudah, sehingga jumlah pengunjungnya juga lebih tinggi dibandingkan embung lainnya.

Air Terjun Kedung Kandang

Perlu Anda ketahui bahwa Desa Nglanggeran juga mempunya objek wisata Air Terjun Kedung Kandang. Biasanya obyek wisata tersebut dikenal menjadi air terjun yang musiman, sebab mempunyai debit air yang bisa berubah-ubah. Debit tersebut bergantung pada musim yang ada.

Pada musim kemarau, debit air terjun akan menurun. Ketika kemarau panjang, air terjun bisa saja mengering. Namun ketika musim hujan datang, debit air akan melimpah serta membuat air terjun bisa mengalir deras. Untuk lokasinya, Air Terjun Kedung Kandang terletak di antara persawahan warga. Kemudian dasarnya terbuat dari batuan vulkanik berundak.

Apabila Anda ingin menikmati keindahan air terjun, Anda harus melakukan jalan kaki dari tempat parkir. Lokasinya sebelah selatan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kampung Pitu

Wisata Desa Nglanggeran selanjutnya terdapat wisata budaya yakni Kampung Pitu. Lokasi dari tempat wisata tersebut terletak di puncak bagian timur Gunung Api Purba.

Pitu yang memiliki arti dalam bahasa Jawa yaitu tujuh. Hal tersebut sesuai dengan namanya, Kampung pitu hanya mempunyai tujuh Kepala Keluarga saja. Pasalnya KK tersebut tidak boleh kurang ataupun lebih.

Griya Coklat

Menjadi salah satu wisata Desa Nglanggeran yang sudah mulai dibuka. Jika Anda berkunjung kesana, Anda bisa menyaksikan sebuah proses produksi mengenai olahan coklat. Bahkan Anda juga bisa melakukan belanja usaha ekonomi produktif tersebut.

Anda juga bisa menikmati berbagai macam olahan coklat yang terdapat di Griya Coklat. Adapun yang menjadi menu unggulannya yaitu coklat murni dengan berbagai varian rasa.

Desa Wisata Bobung

Untuk lokasinya memang tidak berada di dalam Desa Nglanggeran. Melainkan lokasinya bersebelahan. Berada di Putat, Patuk, Gunungkidul. Desa Bobung merupakan salah satu desa sebagai pengrajin topeng. Menjadi salah satu desa tertua yang berada di Gunungkidul. Ketika kesana, Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan naik bus kecil.

Anda akan melihat secara langsung proses dalam pembuatan topeng kayu, patung, dan juga kerajinan yang lainnya. Anda bisa menikmati trekking sampai dengan wisata edukasi ketika berkunjung ke Desa Nglanggeran, Gunungkidul.