Coba Aktivitas Seru Berburu Sunset di Gunung Api Purba, Yuk!

Posted on

Destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini merupakan surga bagi Anda yang gemar berburu sunset. Ya, Gunung Api Purba adalah salah satu objek wisata yang paling cocok untuk Anda pecinta tantangan untuk berpetualang. Tempat wisata ini terkenal juga dengan nama Gunung Nglanggeran.

Sebuah lokasi wisata yang berupa bongkahan batu dengan ukuran cukup besar. Ketika berada di Gunung Api Purba, Anda dapat menikmati panorama eksotis matahari yang pulang ke peraduannya alias sunset dan matahari terbit. Anda juga bisa melakukan kegiatan camping untuk dapat menikmati sunset sekaligus sunrise di sana.

berburu sunset
pinterest.com

Berburu Sunset di Gunung Api Purba Nglanggeran

Walaupun kesannya di puncak gunung untuk dapat menikmati momen matahari terbit dan terbenam. Akan tetapi jangan Anda bayangkan kesulitan untuk mendaki Gunung Api Purba ini. Untuk menikmati panorama dari ketinggian puncak gunung, biasanya butuh perjuangan ekstra untuk bisa mencapai lokasi tersebut. Namun tidak untuk Gunung Nglanggeran ini.

Sebab, Anda hanya butuh waktu kira-kira 1,5 jam saja untuk mendaki puncak sebelah barat Gunung Api Purba yaitu Gunung Gede. Kejutan panorama alam yang memukau sudah menunggu Anda. Semua rasa lelah yang Anda alami ketika mendaki juga akan segera terbayar lunas saat sampai di puncak.

Anda bisa menyaksikan hamparan awan, hijaunya hamparan sawah, gunung-gunung yang berjajar, perkampungan warga, serta ladang para penduduk. Ketika tiba malam hari, taburan cahaya bintang ditambah kelap-kelip lampu Kota Yogyakarta tampak dari puncak gunung ini.

Sementara itu, Puncak Gunung Nglanggeran Timur juga merupakan surga untuk para pemburu sunset. Berlokasi di Nglanggeran bagian timur, bersebelahan dengan Kampung Pitu alias kampung yang terdiri atas 7 kepala keluarga saja, tempat ini bisa Anda jangkau dengan mengendarai kendaraan bermotor. Hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit saja untuk mencapai puncak tersebut memakai sepeda motor dari loket Gunung Api Purba Nglanggeran.

Akses jalan yang Anda lewati juga tidak begitu sulit namun cukup sempit dan juga menanjak. Di sepanjang jalan, ada pepohonan serta bebatuan yang bakal menemani perjalanan Anda menuju puncak.

Puncak Gunung Nglanggeran Timur ini jadi spot favorit untuk berburu sunset bagi Anda yang tak ingin melakukan pendakian seperti di puncak Gunung Gede. Tentunya, puncak ini bisa dikunjungi oleh seluruh kalangan usia, mulai dari anak-anak sampai lansia.

Waktu Terbaik Melihat Momen Sunset

Kira-kira jam 05.00 sore adalah waktu dimana mentari mulai terbenam, dan momen ini merupakan saat yang Anda tunggu untuk berburu sunset di Gunung Api Purba. Warna biru, orange, kuning, dan merah merupakan perpaduan warna yang indah nan eksotis pada saat matahari hampir terbenam. Gradasi warna cantik itu memancarkan pesona alam yang luar biasa menakjubkan serta mengagumkan. Akan tetapi, untuk menikmati panorama keindahan sunset ini tidak lama. Sebab, matahari hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 hingga 30 menit saja untuk terbenam.

Selain itu, di Gunung Api Purba ini juga ada panorama hamparan hutan Gunungkidul yang cukup luas dan juga hiruk pikuk pada saat malam hari menjelang. Kemudian ada pula pemandangan Embung Nglanggeran ketika malam hari yang berada tepat di bawah kaki gunung. Embung Nglanggeran tersebut adalah pemandangan yang bisa Anda saksikan saat berada di Puncak.

Saat Anda sedang berburu sunset di Gunung Api Purba ini jangan lupa untuk senantiasa bersikap ramah kepada penduduk sekitar, ya! Karena Anda merupakan tamu sehingga tidak boleh bertindak sembarangan. Apabila Anda bingung Anda bingung lokasi dan arah Anda bisa menghubungi pihak pengelola di sana.